Minggu, 19 Agustus 2012

Makalah Pengantar Informasi Teknologi


TUGAS MANDIRI
POKOK – POKOK BAHASAN
MATA KULIAH: PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



Oleh:
 ELISABETH SINAGA
113310069
DOSEN: MAULI SIAGIAN S.KOM
STMIK PUTERA BATAM
2012





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala berkat serta anugrah-Nya sehingga Saya dapat menyelesaikan penyusunan tugas mandiri ini dengan baik.
            Pada pokok pembahasan, disajikan materi yang ringkas mengenai Teknologi Informasi. Dimulai dari sejarah teknologi informasi sampai pada pengaplikasiannya didalam kehidupan sehari hari.
            Harapan Saya, semoga makalah ini menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, walaupun Saya akui masih banyak kekurangan dalam penyajian tugas mandiri ini karena pengalaman yang Saya miliki masih sangat kurang.
            Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan tugas mandiri ini, dari awal sampai akhir hingga menjadi sebuah makalah. Saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk pembuatan makalah berikutnya, Terimakasih.

Batam, Januari 2012.

Elisabeth Sinaga.






PENDAHULUAN


                Kemajuan ekonomi yang sangat pesat pada saat ini, tidak terlepas dari kemajuan Teknologi Informasi yang telah memberikan banyak manfaat bagi perekonomian dunia terutama di Indonesia. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat itu kita memerlukan pengetahuan mengenai teknologi informasi itu sendiri dengan menumbuhkan ahli-ahli teknologi informasi muda agar kita tidak hanya menjadi pengguna tetapi menjadi salah satu produsen teknologi informasi itu sendiri.
            Untuk menumbuhkan ahli-ahli Teknologi informasi muda yang baru diperlukan pendidikan formal sebagai wadah untuk menumbuhkan bibit-bibit teknologi informasi yang dapat di andalkan. Di Indonesia, pendidikan formal dalam bidang ilmu informatika-komputer pada jenjang pendidikan tinggi banyak mermunculan sekitar tahun 1990-an. Beberapa nama program studi yang termasuk dalam kelompok ilmu ini antara lain manajemen informatika, sistem informasi, teknik informatika, teknik komputer, komputerisasi akuntansi dan ilmu komputer.
            Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari. Hamper semua bidang kehidupan manusia saat ini telah memanfaatkan teknologi komputer antara lain aplikasi di bidang sains, teknik, ekonomi, bisnis, administrasi umum, perbangkan, pendidikan, pemerintahan. Kesehatan, industry, transportasi, pertahanan keamanan, permainan dan lain-lain.
            Di dalam makalah ini kita akan membahas sebagian kecil dari pengetahuan mengenai teknologi informasi yang dapat anda pelajari sebagai dasar anda untuk mengetahui teknologi informasi, semoga anda menyukai isi dari makalah ini karena disajikan dengan sederhana yang tidak menyulitkan karna sangat mudah untuk mengerti.




 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………...i
PENDAHULUAN………………………………………………………………………iii
BAB.VI.   Tabel Tingkat Hunian Kamar Dan Penjualan Kamar Hotel TURI Beach Tahun                   2011…………………………………………………………………………ix
PENUTUP……………………………………………………………………………xi







BAB.I.                  SEJARAH KOPUTER


 I.1            Definisi Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer, semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipakai untuk mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatik, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematik. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang sesuai untuk arti yang lebih luas seperti "komputer" adalah "pemroses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

 I.2            Sejarah komputer

            Jika kita berbicara mengenai sejarah komputer, ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Berikut sejarah kumputer saya bagi menjadi 7 mulai dari mesin hitung hingga sekarang menjadi komputer tablet.

I.2.1            Alat hitung traditional dan Kalkulator mekanik

      Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
      Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
      Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
      Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil.
      Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
      Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860 1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
      Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
      Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

I.2.2            Komputer generasi pertama

      Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
      Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
      Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
      Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
      Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
      Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
      Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
      Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

I.2.3            Komputer generasi kedua

      Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
      Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer - komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
      Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
      Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
      Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
      Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

I.2.4            Komputer generasi ketiga

      Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen - komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

I.2.5            Komputer generasi keempat

      Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen - komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
      Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
      Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
      Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
      IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
      Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
      Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer - komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

I.2.6            Komputer generasi kelima

      Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
      Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
      Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neuman akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
      Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

I.2.7            PC tablet

      Istilah ini dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
*     1888: US Paten diberikan kepada Elisa Gray pada perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan.
*     1915: US Patent pada antarmuka pengguna pengenalan tulisan tangan dengan stylus.
*     1942: US Patent di layar sentuh untuk masukan tulisan tangan.
*     1945: Vannevar Bush mengusulkan Memex, data pengarsipan perangkat termasuk input tulisan tangan, dalam esai As We May Think.
*     1950: Tom Dimond menunjukkan tablet Styalator elektronik dengan pena untuk input komputer dan perangkat lunak untuk pengenalan tulisan tangan teks secara real-time.
*     Awal tahun 1960-an: RAND Tablet ditemukan. RAND Tablet lebih dikenal daripada Styalator, namun diciptakan kemudian.
*     Akhir tahun 1960-an: Alan Kay dari Xerox PARC mengusulkan sebuah komputer notebook, dapat menggunakan input pena, yang disebut Dynabook: namun perangkat ini tidak pernah dibangun atau diimplementasikan dengan input pena.
*     1966: Dalam serial televisi fiksi ilmiah Star Trek, awak kapal membawa, papan penjepit elektronik besar berbentuk baji, dioperasikan melalui penggunaan stylus.
*     1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal komputer untuk tujuan yang umum (general-purpose) menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan papan ketik dan mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan dan sebuah tablet dan pena elektronik kecil.
*     1985: Pencept dan CIC sama-sama menawarkan komputer PC untuk pasar konsumen menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard dan mouse. Sistem operasi adalah MS-DOS.
*     1989: Komputer portabel komersial pertama yang tersedia dalam tipe tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems dirilis pada bulan September. The GridPad diproduksi oleh Samsung, dimodifikasi dari PenMaster Samsung yang tidak pernah berhasil mencapai distribusi komersial. Sistem operasinya didasarkan pada MS-DOS. Wang Laboratories memperkenalkan Freestyle. Freestyle adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan screen capture dari aplikasi MS-DOS, dan membiarkan pengguna menambahkan penjelasan suara dan tulisan tangan. Freestyle adalah pendahulu canggih yang kemudian dicatat sebagai aplikasi untuk sistem seperti PC Tablet. Sistem operasinya adalah MS-DOS Dalam kemitraan dengan Fujitsu, Poqet Computer Corporation mengumumkan kedatangan PC Poqet.
*     1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari desktop sistem operasi melalui isyarat bentuk tulisan tangan. NCR merilis komputer pena model 3125 yang menjalankan MS-DOS, OS atau Pen Penpoint Windows. Apple Newton memasuki perkembangannya, walaupun akhirnya menjadi sebuah PDA, konsep aslinya mirip piranti keras dari sebuah PC Tablet.
*     1992: GO Corporation mengirimkan OS PenPoint untuk ketersediaan yang umum dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 (model IBM pertama bernama "ThinkPad") pada bulan April. Microsoft merilis Windows for Pen Computing sebagai respon untuk OS PenPoint oleh GO Corporation.
*     1993: Fujitsu merilis PC tablet Poqet pena pertama yang menggunakan LAN nirkabel terintegrasi. Apple Computer mengumumkan Newton PDA, juga dikenal sebagai MessagePad Apple, yang meliputi pengenalan tulisan tangan dengan stylus. IBM merilis ThinkPad, komputer portabel tablet komersial pertama dari IBM yang tersedia untuk pasar konsumen. AT & T memperkenalkan EO Personal Communicator menggabungkan PenPoint dengan komunikasi nirkabel. BellSouth merilis IBM Simon Personal Communicator, sebuah ponsel analog menggunakan tampilan dan layar sentuh. Ponsel ini tidak mendukung fitur pengenalan tulisan tangan, tapi pengguna dapat menulis pesan dan mengirimnya sebagai faks pada jaringan ponsel analog, termasuk fitur PDA dan Email.
*     1999: "QBE" pena komputer diciptakan oleh Aqcess Technologies memenangkan Best Show COMDEX.
*     2000: PaceBlade mengembangkan perangkat pertama yang memenuhi standar Microsoft Tablet PC dan menerima penghargaan piranti keras terbaik di VAR Visi 2000. Pena komputer "QBE Vivo" yang dibuat oleh Aqcess Technology mendapatkan Best of Show COMDEX.
*     2001: Bill Gates dari Microsoft menunjukkan prototipe publik pertama dari sebuah PC Tablet (didefinisikan oleh Microsoft sebagai pena-komputer memungkinkan sesuai dengan spesifikasi piranti keras yang dibuat oleh Microsoft dan menjalankan salinan lisensi dari sistem operasi "Windows XP Tablet PC Edition") di COMDEX.
*     2003: PaceBlade menerima penghargaan "Innovation des Jahres 2002/2003" untuk PC Tablet PaceBook dari PC Magazine Professionell di Cebit Fingerworks mengembangkan teknologi sentuhan dan gerakan sentuhan yang kemudian digunakan di iPhone Apple.
*     2006: Samsung memperkenalkan Samsung Q1 UMPC. Windows Vista dirilis untuk ketersediaan umum. Vista termasuk fungsi Tablet PC edisi khusus dari Windows XP. Di Disney Channel Original Movie, Read It and Weep, Jamie menggunakan Tablet PC untuk jurnalnya.
*     2007: Axiotron memperkenalkan Modbook, komputer (dan hanya) tablet pertama berdasarkan piranti keras Mac dan Mac OS X di Macworld.
*     2008: Pada bulan April 2008, sebagai bagian dari kasus pengadilan federal yang lebih besar, fitur gerak tubuh sistem operasi dan piranti keras Windows/Tablet PC ditemukan melanggar paten oleh GO Corp tentang user interface untuk sistem operasi komputer pena. Akuisisi teknologi Microsoft adalah subyek dari tuntutan hukum yang terpisah. HP merilis tablet Multi-Touch kedua: HP TouchSmart seri tx2.
*     2009: Asus mengumumkan sebuah netbook tablet, EEE PC T91 dan T91MT, yang terakhir yang dilengkapi dengan layar multi-sentuh. Always Innovating mengumumkan netbook tablet baru dengan CPU ARM. Motion Computing meluncurkan J3400.
*     2010: MobileDemand meluncurkan T7000 xTablet Rugged Tablet PC yang menjalankan OS Windows dan fitur lengkap meliputi papan ketik numerik yang terintegrasi, barcode scanner, credit card reader, dll Apple memperkenalkan iPad, menjalankan Apple iOS.
*     Sistem Quaduro memperkenalkan 10 "QuadPad 3G Plus, 900 gram Microsoft Windows berbasis 3G tablet PC dengan 8 jam masa pakai baterai. Samsung memperkenalkan Galaxy Tab, menjalankan Google Android.
*     bModo meluncurkan bModo12 yang menjalankan Windows 7 OS dan fitur termasuk TFT-LCD 11,6", 3G, Wi-Fi, GPS, Bluetooth ® 2.1, USB 2.0, slot SDHC, slot kartu SIM yang tidak terkunci, konektor miniHDMI, OMTP Jack, webcam, mic, dll. Neofonie melepaskan WeTab, tablet PC untuk menulis berbasis MeeGo, menampilkan layar multi-sentuh 11,6 inci pada resolusi 1366 × 768 piksel.
*     Dixons Retail plc memperkenalkan Vega Advent, tablet PC 10" yang menjalankan Android 2.2, memiliki chipset Tegra NVIDIA 1 GHz, RAM dan ROM 512 Mb, kamera 1,3 MP, WiFi dengan konektivitas b/g, Bluetooth 2.1, slot kartu micro SD , USB port dan daya tahan baterai hingga 16 jam untuk pemutaran audio dan 6,5 jam untuk video 1080p.
*     Dell Inspiron mengumumkan Netbook flip Duo Layar dan Tablet PC hibrida HP merilis Slate 500, yang menjalankan versi penuh Windows 7.
*     2011: Motorola mengumumkan Xoom Tablet, tablet 10 inci yang didukung oleh versi Android 3.0 yang akan datang, yaitu Honeycomb Asus EEE mengumumkan memo pad (tablet 7 inci), EEE Slate EP121 (tablet Windows 7), EEE Pad Transformer (tablet 10 inch dengan Android) dan EEE Pad Slider (tablet 10 inch dengan layar geser atas, keyboard QWERTY) [semua tablet menggunakan tampilan IPS] Dell menampilkan yang tablet Streak 7 dan mengatakan itu bekerja pada Streak 10 inci. Apple mengumumkan 2 iPad
      Perkembangan Komputer telah begitu pesat dan maju, Komputer Tablet Adroid merupakan salah satu kemajuan Komputer kalau kita lihat Sejarah Komputer selama ini. Perusahaan penyedia teknologi jaringan Cisco, ternyata tak tahan juga untuk tidak turut terjun ke kancah persaingan komputer tablet. Komputer tablet ini diposisikan sebagai perangkat produktivitas bagi kalangan bisnis, sebagai tool mobile collaboration. Ia akan terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis besutan Cisco termasuk WebEX, Quad, dan TelePresence.  Cisco juga mempersilakan pada pengembang aplikasi Android untuk membuat aplikasi lain di gadget ini, dengan Software Development Kit dan Application Programming Interface dari Cisco. Dari sisi hardware, Cius ditenagai oleh prosesor Intel Atom 1,6 GHz, dilengkapi dengan kamera 5 MP yang mampu merekam video berdefinisi tinggi 720 p, dan mendukung berbagai jenis koneksi mulai dari WiFi 802.11a/b/g, 3G, bahkan jaringan mobile 4G.
      iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X
      iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, yang merupakan CEO (Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop).

 

 

 













BAB.II.             SISTEM KOMPUTER


     Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu system yang disebut dengan system komputer, yang terdiri dari Hardware, Software dan Brainware.

II.1            Hardware (Perangkat Keras Komputer)

     Hardware adalah salah satu komponen daru sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Semua bagian fisik komputer merupakan hardware komputer, Harus dibedakan dengan data yang berada atau beroperasi di dalamnya atau disebut juga dengan software. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak disebut juga firmware. firmware adalah perangkat lunak yang dibuat ke dalam perangkat keras.
            Komponen hardware terdiri dari :
       I.            Central Processing Unit (Unit Pemrosesan)
    II.            Backing Storage Device (Media Penyimpanan)
 III.            Input Device (Peralatan Input)
 IV.            Output Device (Peralatan Output)
    V.            Comunication Device (Peralatan Komunikasi)

II.1.1            Central Processing Unit (Unit Pemrosesan)

      Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
            Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan, yaitu sebagai berikut :

1.      Power Supply

Gambar: Power supply.
      Berupa kotak tegangan listirik yang menempel atau terpisah pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam casing.
·         Fungsi:
Ø  Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.

2.      Motherboard atau Mainboard

Gambar: Papan induk.
      Berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan jenis prosesor.
·         Fungsi:
Ø  Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor,
Ø  Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.

3.      CPU (Central Processing Unit)

Gambar: CPU.
      Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
·         Fungsi:
Ø  Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer,
Ø  Pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.


4.      Video Adaptor atau GPU

Gambar: Video adaptor.
Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain
      Komponen hardware video adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.
·         Fungsi:
Ø  Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor,
Ø  Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik,
Ø  Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)Dan software aplikasi 2D dan 3D,
Ø  Menunjang penggunaan computer untuk games yang saat ini sudah banyak berbasis pada software games 3D,
Ø  Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD.

5.      Sound Card

Gambar: Sound card.
      Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
·         Fungsi:
Ø  Mengolah data berupa audio atau suara,
Ø  Sebagai penghubung output audio ke speaker,
Ø  Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.

6.      Heatsink Fan (HSF) atau Cooling Device


Gambar: Heatsink Fan.
      Merupakan peralatan pendingin yang berbentuk kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan alumunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat computer menyala. HSF menjadi kebbutuhan pokok dalam computer karena hampir semua komponen hardware computer di dalam casing menggunakan HSF masing-masing, mulai dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba memberikan fasilitas komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.
·         Fungsi:
Ø  Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF,
Ø  Prosesor tidak akan berfungsi jika tidak ada heatsink fan di atasnya,
Ø  Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu pada prosesor tetap stabil,
Ø  Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.

7.      Casing

Gambar: Casing.
      Adalah kotak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut dengan CPU.
·         Fungsi:
Ø  Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom,
Ø  Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware,
Ø  Pendukung tampilan computer. Jika casing memiliki desain yang menarik, seseorang akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja dengan computer.

II.1.2            Backing Storage Device (Media Penyimpanan)

     Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hard disk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.

1.      Hard disk


Gambar: Hard disk.
     Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magneti pada kedua sisinya. Hard disk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat.








2.      Floppy disk
Gambar: Floppy disk.
     Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas.

3.      Magneto-optical


Gambar: Magneto optical.
     Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer




4.      Optical disk


Gambar: Optical disk.
     Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanent dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinakan CD-ROM (compact disc-read only memory).
     Namun, sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus unutk dipakai lagi yang disebut CD-R (compact disc-recordable). dan CD-RW (compact disc- recordable writeable).

5.      Memory

     Memory adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh komputer. Dalam computer semua data terdiri dari serangkaian angka, komputer menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.
Memory dalam computer dibagi menjadi :
Ø  Internal Memory
Gambar ROM (disebelah kiri) dan RAM (disebelah kanan)
            Internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Read Access Memory).
Ø  Memory eksternal
Gambar: Flashdisk.
      Memory eksternal juga disebut sebagai media penyimpanan eksternal.

II.1.3            Input Device (Peralatan Input)

      Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

            Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
*      Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet,scanner.
*      Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : Punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

1.      Keyboard

      Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Gambar: Keyboard.
            Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY,
2.) DVORAK,
3.) KLOCKENBERG.
            Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.      Typewriter key,
2.      Numeric key,
3.      Fnction key,
4.      Special function key.


1.      Typewriter key
      Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
v BackSpace
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor.
v CapsLock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
v Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor.
v Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
v End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
v Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
v Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
v Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
v Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas.
v Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah.
v Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.


2.      Numeric key
      Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.      Function Key
      Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4.      Special Function Key
      Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

2.      Mouse

      Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar: Mouse Wireless.

3.      Touchpad

      Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Gambar: Touch Pad, Track Ball, Pointing Stick.

4.      Light Pen

      Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar: Light Pen.

5.      Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar: Joy Stick dan Paddle Games.

6.      Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Gambar: Barcode Reader dan Barcode.

7.      Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Gambar: Scanner.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

8.      Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Gambar: Kamera digital.
9.      Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Gambar: Headphone.

10.  Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Gambar: Grapics Pads.

II.1.4            Output Device (Peralatan Output)

Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut: 
·         Tulisan,
·         Image,
·         Suara,
·         Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker.

1.      Monitor

Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.  
Gambar: Monitor.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.  
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.  
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA.  
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.  
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.  


2.      Printer

Gambar: Printer.
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah: 
·         Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
·         Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
            Printer berrdasarkan pekembangan teknologinya :
·         Pin Dot matrix,
·         Ink jet,
·         Laser,
·         Thermal.
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu:  
·         Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170.
·         Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet.
·         Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020.

3.      Plotter

Gambar: Plotter.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.  

4.      Speaker

Gambar: Speaker.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
1.      MODEM (Modulation demodulation)
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Gambar: Modem.
Ø  External Vs Internal Modem.
Ø  Smart Modem.
Ø  Fax modem.

2.      WI-FI (Wireless Fidelity)

Gambar: wi-fi.
Yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.


II.2.            Software (Perangkat Lunak)


Software adalah kumpulan instruksi  yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti mengatur  menjalankan suatu sistem komputer.
Agar komputer dapat membaca, mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir, dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya.
Program adalah instruksi dalam bahasa mesin atau yang dapat dibaca oleh komputer yang dirancang untuk tujuan tertentu sehingga kalau operator menjalankan komputer dan menekan tombol tertentu (misalnya untuk memproses data akuntansi) disebut
dengan program aplikasi (aplication program). Pengertian perangkat lunak menunjuk pada program dan alat bantu lain yang bersifat menambah kemampuan komputer sebagai alat untuk melaksanakan tugas atau operasi tertentu. Program aplikasi dapat dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus pula (tailor-made) atau berupa paket yang mempunyai aplikasi umum.
Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh komputer, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginan tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya.
Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Software Terdiri Dari:
A.    Operating System adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung. Fungsinya mengalokasikan memori dan pekerjaan serta penjadwalan pekerjaan. Contoh: DOS, Unix, OS/2, Windows, dll.
B.    Programing Language merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk pengembangan program aplikasi. Level program language yaitu:
a.       Machine Language (bahasa mesin),
b.      Assembly Language (bahasa rakitan),
c.       High Program Language (bahasa pemrograman tingkat tinggi), dan
d.      Application (aplikasi).
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
1.      Perangkat lunak aplikasi (application software)  contohnya: Photoshop, WinAmp, WinZip, Pengolah kata, Lembar tabel hitung, Pemutar media, dan Paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.


2.      Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
3.      Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
4.      Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
5.      Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
6.      Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
7.      Perangkat lunak gratis (freeware)
8.      Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
9.      Perangkat lunak perusak (malware).

Software Aplikasi Propietary software

Propietary software adalah perangkat lunak yang tidak bebas atau semi bebas dan tidak terbuka. Pengguna dilarang atau minta ijin atau dikenakan pembatasan lainnya jika menggunakan, mengedarkan atau memodifikasinya. Source code normalnya tidak tersedia. Contoh dari propietary software adalah sistem operasi windows. Jenis software ini yang paling banyak dikenai razia oleh pihak yang berwajib.

Open source software

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
Open source software seringkali rancu dengan free software, padahal ada sejumlah hal yang harus dipenuhi bila dianggap sebagai open source software, yaitu bebas didistribusikan tanpa adanya persyaratan royalty, program harus memiliki source code, lisensi harus bisa dimodifikasi dan diturunkan, integrity dari pembuat source code, lisensi tidak mendiskriminasi seseorang atau sekelompok orang, tidak ada diskriminasi melawan area pengembangan, hak cipta pada suatu program harus mampu diaplikasi dan didistribusi kembali oleh siapapun, lisensi tidak mengacu pada spesifikasi suatu produk, lisensi tidak membatasi tempat dimana software tersebut didistribusikan, dan lisensi harus berisi teknologi yang netral.
Beberapa fungsi software antara lain :
·         Mengatur Input atau Output (I/O) dari PC,
·         Menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik,
·         Menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.

II.3.            Brainware (Manusia/Perangkat Cerdas)

            Brainware merupakan personal – personal yang terlibat dalam sistem komputrer, yaitu meliputi Operator, Programmer, System Analist, Manager sistem informasi, Manajer pada tingkat operasional, Manajer pada tingkat manajerial, Manajer pada tingkat strategis, Teknisi, Administrator basis data, serta personal lain yang terlibat.












BAB.III.        VIRUS KOMPUTER


            Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

III.1            Jenis-jenis virus komputer dan cara kerja virus tersebut:


1.      Discusx.vbs
Virus VBScript yang satu ini, memiliki ukuran sekitar 4.800 bytes. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.
2.      Reva.vbs
Lagi, virus jenis VBScript yang lumayan banyak dikeluhkan oleh beberapa pembaca. Ia akan mencoba menyebarkan dirinya ke setiap drive di komputer Anda termasuk drive flash disk. Pada drive terinfeksi akan terdapat file reva.vbs, autorun.inf, dan shaheedan.jpg. Selain itu, ia pun akan mengubah halaman default dari Internet Explorer agar mengarah ke situshttp://www.arrahmah.com.
3.      XFly
PC Media Antivirus mengenali dua varian dari virus ini, yakni XFly.A dan XFly.B. Sama seperti kebanyakan virus lokal lainnya, ia dibuat menggunakan Visual Basic. Memiliki ukuran tubuh sebesar 143.360 bytes tanpa di-compress. Dan ia dapat menyamar sebagai folder, file MP3 WinAmp atau yang lainnya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Ini akan lebih mempersulit user awam dalam mengenalinya. Pada komputer terinfeksi, saat menjalankan Internet Explorer, caption-nya akan berubah menjadi “..:: x-fly ::..”, dan saat memulai Windows pun akan muncul pesan dari si pembuat virus pada default browser. Atau setiap waktu menunjukan pukul 12:30, 16:00, atau 20:00, virus ini pun akan menampilkan layar hitam yang juga berisi pesan dari si pembuat virus.
4.      Explorea
Virus yang di-compile menggunakan Visual Basic ini hadir dengan ukuran sekitar 167.936 bytes, tanpa di-compress. Menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini akan menyerang Registry Windows Anda dengan mengubah default open dari beberapa extension seperti .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM. Pada komputer terinfeksi, disaat-saat tertentu terkadang muncul pesan error, contohnya pada saat membuka System Properties.
5.      Gen.FFE
Gen.FFE atau pembuatnya menamakan Fast Firus Engine merupakan salah satu program Virus Generator buatan lokal. Dengan hanya menggunakan program ini, tidak dibutuhkan waktu lama untuk dapat menciptakan virus/varian baru. Virus hasil keluaran program ini menggunakan icon mirip gambar folder standar bawaan Windows. Ia pun akan memblokir akses ke Task Manager, Command Prompt, serta menghilangkan beberapa menu di Start Menu. Ia juga akan membaca caption dari program yang aktif, apabila terdapat string yang berhubungan dengan antivirus maka program tersebut akan segera ditutup olehnya.
6.      Hampa
Virus yang juga dibuat menggunakan Visual Basic dan ber-icon-kan folder ini memiliki ukuran tubuh sekitar 110.592 bytes, tanpa di-compress. Banyak sekali perubahan yang ia buat pada Windows, seperti Registry, File System, dan lain sebagainya, yang bahkan dapat menyebabkan Windows tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, saat memulai Windows akan muncul pesan dari si pembuat virus.


7.      Raider.vbs
Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang bisa dibaca karena dalam kondisi ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.
8.      ForrisWaitme
Virus yang dibuat dengan Visual Basic ini menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk melakukan penyamarannya. Beberapa ulahnya adalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu Folder Options, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi, dan masih ada yang lainnya.
9.      Pray
Virus lokal ini dibuat menggunakan Visual Basic. Kami mendapati 2 varian dari virus ini, untuk varian Pray.A tidak memiliki icon, sementara untuk varian Pray.B menggunakan icon mirip Windows Explorer. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat.
10.   Virus Compiler
Virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virus pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.
11.  Virus Bagle BC
Virus ini ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.
12.  Virus File
Adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL dan *.OVY. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.
13.  Virus Sistem
Atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.
14.  Virus Boot Sector
Virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus. Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.
15.  Virus Dropper
Suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

16.  Virus Script/Batch
Awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.
17.  Virus Macro
Virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.
18.  Virus Polymorphic
Dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.
19.  Virus Stealth
Virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.
20.  Virus Companion
Virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.
21.  Worm
Ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.
22.  Virus Hybrid
Virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.
23.  Trojan horse
Disebut juga kuda troya. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk.
24.  Backdoor Alnica
Virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte.
25.  Trojan di Linux
 Pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat “security@redhat.com” karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat “secalert@redhat.com” dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.Ternyata Linux juga bisa kena virus. Inilah salah satu akibat perkembangan teknologi. Mulai sekarang, semakin berhati-hatilah dan jangan sembarangan mengcopy sebuah file dari source lain lalu di-paste ke komputer anda. Jangan lupa rajin mengupdate antivirus untuk meningkatkan security komputer.




BAB.IV.        ANTIVIRUS KOMPUTER


Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
            Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Berikut ini Antivirus yang dapat memperlambat/menghentikan kerja virus-virus diatas:

 

Norton AntiVirus
            Norton Antivirus bekerja dengan tenang mendeteksi dan menghilangkan virus, spyware, dan worm internet. Antivirus ini dapat juga melindungi dari hacker dan pencurian identitas dan membersihkan semua file dan entri registry yang ditambahkan malware.

PC Tools Antivirus
            PC Tools Antivirus melindungi Pc dari virus, program malware, Trojan horse dan mencegah yang tidak diinginkan kedata pribadi melalui internet. Program ini dapat memindai hard drive, Program berjalan, dan folder sementara window untuk virus dan jenis infeksi dari ancaman internet. Program ini juga membawa pemindai e-mail yang dapat mengawasi semua masuk keluar e-mail dari outlook express untuk mencegah serangan virus yang dating melalui lampiran yang anda terima.

Panda Antivirus
            Panda Antivirus melindungi secara permanen dan otomatis untuk pc terhadap semua jenis virus dan spyware. Kemudahan penggunaan, kesederhanaan dan konsumsi sumber daya yang rendah.

Avira AntiVirus
Fitur Avira:
·         Avira menawarkan cara yang cukup baik dalam mengenali sebuah virus-virus dan variannya, trojan, program backdoor dan worm serta lainnya.
·         Proses perbaruan yang otomatis dan cukup ringan untuk memperbarui software Avira itu sendiri, jumlah virus terbaru dan variannya.
·         Sistem proteksi virus yang permanen yaitu melalui fitur Virus Guard yang secara real time memonitor aktivitas komputer Anda.
·         Pengaturan otomatis untuk melakukan perbaruan terhadap software Avira dan melakukan pencarian virus yang dapat dilakukan menggunakan jadwal tertentu.
·         Dukungan teknis bisa didapatkan melalui forum diskusi dan telepon. Untuk belajar dasar-dasar penggunaan dan pengatahuan dasar mengenai virus bisa ditemukan dengan mudah melalui websitenya.
·         Apabila virus ditemukan maka Avira dapat secara otomatis menghapus dan menyembuhkan file yang terinfeksi.
·         Avira menggunakan engine yang bersifat modular, artinya bisa selalu diperbaiki, diperbarui dan ditambahkan dikemudian hari untuk versi selanjutnya. Hal ini sangat baik dan berguna bagi sebuah antivirus untuk meningkatkan performa dan metode pencariannya.
·         Avira menggunakan metode yang aman dalam menemukan sebuah virus dalam sebuah file penting guna menunjang kemanan dari sistem operasi komputer yang Anda gunakan.
·         Fitur lain yang cukup bermanfaat adalah sistem deteksi otomatis setiap kamu men-download e-mail ke komputer kamu melalui program e-mail klien seperti Outlook Express.
·         Mendeteksi trojan menggunakan cara heuristic dan bukan menggunakan metode virus definition. Cara virus definition sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi digunakan oleh program antivirus saat ini karena lemahnya sistem tersebut yang hanya mengandalkan daftar virus-virus yang pernah ditemukan.
            Avira adalah sebuah aplikasi antivirus yang sangat ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan beban CPU yang sangat rendah, ini bisa menandakan sesuatu yang bagus namun bisa jadi juga buruk. Bisa jadi Avira tidak melakukan scanning virus menggunakan metode background process yang umumnya digunakan oleh antivirus lain atau memang Avira sangat baik menyelipkan kode program ke mana yang saya kurang tahu sehingga penggunaan memori bisa sangat ringan.
            Avira sangat baik digunakan untuk komputer yang masih menjalankan sistem operasi Windows 98 atau sistem operasi lain yang masih terbatas penggunaan sumber dayanya (limited resources).

avast! Antivirus 
            Avast Antivirus merupakan salah satu dari sekian banyak antivirus yang menawarkan fitur fitur perlindungan dari serangan virus, trojan, worm dan sejenisnya.
            Fitur Avast Professional Edition antara lain adalah Anti-spyware, Anti-rootkit, Strong self-protection, Antivirus kernel, Simple User Interface, Enhanced User Interface, Resident protection, Script blocker, P2P and IM Shields, Web Shield, Automatic updates, PUSH updates, Virus Chest, System integration, Command-line scanner, Integrated Virus Cleaner, Support for 64-bit Windows, Internationalization, Network Shield.

Naevius USB Antivirus
            Nevius USB Antivirus melindungi komputer dari pen drive autorun-virus. Anti virus ini akan mengambil tindakan prefentif untuk menghentikan virus autorun dari komputer. Fitur utama dari anti virus ini adalah perlindungan setiap Trojan, Spyware, worm melalui USB storage, Kompatibel dengan antivirus seperti bitdefender, Nod32, Kapersky, AVG, Norton, McAfee, Panda, Avast dll.

Handy Antivirus
            Adalah avtivirus yang kuat dan program antivirus ini memiliki cara yang sederhana dan unik mengamankan komputer. Hal ini ditandai sebagai algoritma scanning yang unik dan alat deteksi kecepatan tinggi. Anti virus ini memindai komputer anda untuk mendeteksi virus dan dapat bekerja dalam dua mode: perlindungan dan real time mode.

MAXsecure AntiVirus
MAXsecure Antivirusmenghentikan virus, worm, Trojans pada pc manapun dari jarak jauh.

Auslogics Antivirus
            Pengamanan system operasi windows yang mencakup antivirus, control privasi, dan keamanan web. Kontrol privasi difokuskan pada control identitas, melindungi system dari pelacakan cookie, skrip, dan modifikasi registry.

Blue Atom Antivirus
Blue AtomAntivirus memiliki perlindungan ganda sehingga tidak mudah dihack.


Bitdefender Antivirus
            BitDefender Antivirus akan mendeteksi dan mencegah virus paling berbahaya dan kegiatan berbahaya seperti penipuan online, spyware dan pencurian identitas online. Scan dan update otomatis memastikan bahwa Anda tetap aman 24x7 tanpa memperlambat komputer Anda atau mengganggu bermain game.
            Fitur-fitur canggih termasuk pengaturan disesuaikan untuk pemula, menengah atau ahli. Hal ini juga mudah untuk menginstal dan menggunakan dengan tips pintar kami pengguna, tutorial video perpustakaan dan layanan dukungan teknis 24 jam.
            BitDefender mengurus detail teknis sehingga Anda sepenuhnya dilindungi.

Steganos AntiVirus
            Virus komputer di mana-mana dan semua orang membutuhkan perangkat lunak anti-virus yang baik dan aman untuk melindungi komputer dari berbagai malware. Steganos Antivirus bekerja dengan diam-diam menonton antarmuka dari komputer Anda dan dengan hati-hati mengawasi script, file makro.
            Sementara mensurfing  internet, beberapa situs membutuhkan aplikasi Active X untuk memuat sepenuhnya dan aplikasi ini dapat menyimpan virus. Virus mengintai dalam sebuah file terkompres dan ketika Anda dekompres file itu akan diaktifkan. Dengan Steganos Antivirus, virus polymorphous tersembunyi di Active X serta aplikasi Java yang ditemukan.
            User interface atau GUI sangat eye candy, sederhana dan mudah digunakan. Ini termasuk Perisai Web dan Resident Shield untuk melindungi data Anda dari virus dan juga dari rootkit. Ini memiliki bagian Bantuan yang baik dan online FAQ.
            Antivirus ini juga melindungi komputer dari Trojan horse. Virus yang tidak diketahui juga terdeteksi dan segera diakhiri. Menggunakan teknologi heuristik, bahkan virus yang tidak termasuk dalam database dihapus sekaligus. Masuk dan keluar e-mail di kotak surat Anda di-scan untuk berbagai virus dan, jika ditemukan, akan diakhiri secara real time. Menggunakan teknik ini membantu untuk memastikan bahwa e-mail bebas dari virus. Lampiran Anda dan file kompres scan secara menyeluruh dalam rangka untuk menghindari infeksi virus.
Robo AntiVirus
            Robo AntiVirus, bersifat komprehensif, semua-dalam-satu solusi, yang melindungi komputer Anda terhadap ancaman baik yang dikenal dan tidak dikenal. Lanjutan fitur keamanan akan memungkinkan Robo AntiVirus, untuk melindungi komputer Anda dan membuatnya bekerja pada kinerja yang terbaik.
            Robo AntiVirus, berisi dan menggunakan database virus yang besar, yang diperbarui setiap hari. PC Anda akan aman dari virus yang baru dan dari ancaman keamanan lainnya.

Symantec Antivirus
            Symantec AntiVirus menyediakan scalable, perlindungan virus dijamin untuk workstation dan server jaringan di seluruh perusahaan. Fitur keamanan yang ditingkatkan ditambah kebijakan manajemen terpusat memungkinkan administrator untuk mengelola klien dan server pengelompokan yang logis. Selain itu, administrator dapat membuat, menyebarkan, dan mengunci kebijakan keamanan dan pengaturan untuk menjaga sistem up-to-date dan dikonfigurasi dengan benar setiap saat. Konsol manajemen terpusat memungkinkan administrator untuk mengaudit jaringan dan mengidentifikasi node tidak terlindungi, dan menentukan node dilindungi oleh Symantec AntiVirus, Fungsi ini memungkinkan administrator untuk secara proaktif mengamankan node terlindungi sebelum kejadian dapat terjadi, memastikan uptime sistem dan produktivitas pengguna.
            Bahkan dalam menghadapi permintaan yang luar biasa berat untuk definisi virus dengan wabah yang serius, komputer dan server jaringan yang terinfeksi dibersihkan dengan cepat dan efisien melalui on-demand. NAVEX, pemindaian, tunggal extensible dan mesin perbaikan, menyediakan kemampuan unik untuk memperbarui definisi virus dan ekstensi mesin - tanpa harus reboot server atau menginstal ulang aplikasi, sehingga mengurangi manajemen dan meminimalkan biaya kepemilikan. Untuk meningkatkan kecepatan, solusinya dengan mengurangi ukuran file. Dan untuk keamanan ekstra, LiveUpdate teknologi memungkinkan administrator untuk mengkonfigurasi update otomatis untuk virus yang terdeteksi.
Xyvos Whitelist Antivirus
            Xyvos Whitelist Antivirus dirancang untuk melindungi komputer dari spywares, malwares, virus dan ancaman online.
- Ringan dan karenanya tidak mempengaruhi kinerja.
- Whitelist berdasarkan metode deteksi virus.
- Perlindungan yang efisien terhadap spywares, keyloggers dan serangan virus lainnya.

Stronghold Antivirus
            Stronghold Antivirus adalah sebuah perangkat antivirus dan antispyware yang menyediakan baik real-time pro-aktif (di-akses) dan on-demand untuk perlindungan komputer rumah dan komputer kantor.
            Antivirus mengidentifikasi dan menghilangkan lebih dari 500.000 virus yang dikenal, spyware, adware, trojan, rootkit dan ancaman lain dengan bantuan dari database yang diperbarui secara rutin.
            Hal ini juga mengidentifikasi dan bahkan menghapus ancaman yang tidak diketahui dengan bantuan yang aktif di-akses perisai perlindungan.

Thirtyseven4 Antivirus
            AntiVirus Thirtyseven4 mendeteksi dan menghilangkan virus, worm dan trojan secara otomatis. Ini secara proaktif melindungi file Anda dengan Real-Time pemindaian, scan dan membersihkan infeksi dari lampiran email dan download Internet secara otomatis.
            Perlindungan Thirtyseven4 antivirus dengan Tujuan:
Antimalware
Diluar ruang lingkup normal anti-virus, Thirtyseven4 antimalware menscan perangkat lunak yang tidak diinginkan seperti Spyware, Adware, Dialer, Keyloggers, Riskware dan virus berbahaya lainnya.
AntiSpyware
            Thirtyseven4 AntiSpyware memblok spyware sebelum virus memiliki kesempatan untuk diinstal pada PC. Tidak seperti produk konvensional  anti-virus di pasar, AntiSpyware juga akan secara otomatis menghapus infeksi dari PC Anda. Tidak perlu pihak ketiga seperti removal tools.
AntiRootkit
            Thirtyseven4 AntiRootkit adalah komponen canggih yang dirancang pada teknologi mutakhir yang mendeteksi dan membersihkan rootkit secara proaktif dengan melakukan scan sistem yang dalam. Memindai proses yang berjalan, registry dan file, serta memindai rootkit yang disembunyikan dalam sistem.
Pencegahan Pencurian Data
            Thirtyseven4 Pencegahan Pencurian Data komponen yang memblok akses ke flash drive dan perangkat penyimpanan USB lainnya. Komponen ini dibuat unik dan telah dibuat untuk mencegah penyalinan data yang tidak sah dan pencegahan dari virus dan aplikasi berbahaya lainnya memasuki komputer Anda melalui perangkat penyimpanan USB

XP Antivirus remover
            XP Antivirus Remover menghapus semua kunci registrasi file, dll yang berhubungan dengan program spyware. Ini harus dipasang dalam mode aman. Dalam mode aman, hanya program Windows penting yang berjalan. Satu-satunya hal untuk melindungi diri dari infeksi virus masa depan adalah menginstal sebuah program anti virus yang baik .

Comodo Antivirus
            Comodo AntiVirus Menghilangkan semua virus yang dikenal seperti, worm dan trojan dari desktop dan jaringan komputer windows. Fitur on-demand & on-akses pemindaian, pemindaian email, proses pemantauan, worm blocker, memindai penjadwalan dan banyak lagi. Sangat mudah digunakan.
            Tidak akan memperlambat PC anda dan aktif sampai batas akhir pemakaian. Specifically direkayasa untuk memberikan perlindungan yang sangat tinggi, Comodo AV menawarkan daftar fitur industri terkemuka yang dikemas dengan teknologi terbaru dan paling canggih. Mendeteksi dan menghilangkan virus dari desktop dan jaringan.
            Terus-menerus melindungi dengan real-time pada akses pemindaian heuristik analisis penyadapan secara online. Update definisi virus otomatis Isolat file yang mencurigakan dalam mencegah infeksi. Efisien mempertahankan sistem anda dari virus terbaru.

Webroot AntiVirus
            Webroot AntiSpyware adalah program yang memungkinkan Anda untuk memiliki komputer bersih dari semua jenis virus, dengan kata lain ini adalah deterjen yang kuat yang meninggalkan sistem Anda benar-benar bersih dari semua jenis spyware, adware, Trojans dan semua jenis malware lainnya.
            Program ini menggunakan database yang luas (lebih dari 120.000 entri hari) yang akan diperbarui dalam bentuk yang teratur, selalu menawarkan perlindungan terbaik terhadap ancaman terbaru.
            Ini adalah campuran antara produk perlindungan virus yang sangat efektif dan lebih efektif dan diberikan anti-spyware. Untuk lebih tepat, setelah pemindaian sistem Anda, program akan menampilkan file yang terdeteksi virus (jika ada)  dari spyware sehingga Anda dapat dengan mudah menghapusnya.
            Mendeteksi spyware 40% lebih dari pada program anti-spionase lain. Perisai yang kuat dan cerdas memblokir ancaman sebelum mereka mencapai komputer dan memiliki kemungkinan untuk menginfeksi. Perisai baru untuk memeriksa semua pesan email, masuk dan keluar sehingga Anda akan benar-benar yakin bahwa tidak ada bahaya untuk Anda atau pengirim Anda.




BAB.V.             CONTOH SURAT LAMARAN


Tgl. 11 Januari 2012,
Yth:
Ibu Mauli Siagian,S.Kom
Financial Director
Hotel Pangkuan Bumi.
Jln.Raden Patah, Nagoya BATAM.
Phone: 0778-45011.

Dengan hormat,
            Bersama surat ini Saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dengan Hotel Pangkuan Bumi, karena latar belakang pendidikan dan pengalaman Saya dalam akuntansi mungkin akan berguna bagi perusahaan Anda.
            Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, Saya telah berkarir di PT. TURI Beach Resort selama 3 tahun, sebagai Cashier. Setiap tahun Saya selalu sukses melakukan pegolahan data penjualan dengan baik, Melayani pelanggan yang sudah ada agar tetap menjadi pelanggan yang setia.
            Sebagai Cashier, saya bertanggung jawab dalam penerimaan pendapatan penjualan setiap harinya, dan bekerjasama dengan teman sekerja dengan profesional.
            Saya menantikan kesempatan untuk bertemu Anda, dimana Saya akan menjelaskan potensi dan kemampuan diri Saya secara lebih terperinci dan mendalam.

Hormat Saya,

Elisabeth Sinaga.




BAB.VI.        Table Tingkat Hunian Kamar dan Penjualan Kamar Hotel TURI Beach Resort 2011



BAB.VII.   JARINGAN KOMPUTER


VII.1            Pendahuluan

*      Tahun 1940-an menjadi awal munculnya konsep jaringan (network) dan Amerika serikat merupakan Negara yang mengembangkannya untuk pertama kali dimana pengembangan komputer ini di lakukan di labora torium Bell dan Group riset Harvard University Oleh Profesor H.Aiken denga menggunakan metode” Proses beruntun “ (Bacth Processing) yang dinamai dengan MODEL I.
*      Tahun 1950-an berkembang konsep distribusi proses pada super komputer yang di dasarkan pada waktu dan dikenal dengan istilah Time sharing system. Time Sharing System adalah awal berpadunya teknologi komputer dengan teknologi Komunikasi .
*      Tahun 1970-an Dikenal konsep proses terdistribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa pusat komputer (host) mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani banyak terminal yang terhubung secara seri di setiap komputer.
*      Tahun 1980-an oleh karena semakin beragamnya penggunaan komputer dan jaringannya serta harga yang semakin murah, kemudian dikenallah istilah Peer to Peer System yaitu proses  bersama maupun komunikasi data/informasi tanpa melalui komputer pusat. Muncullah teknologi jaringan local yang dikenal dengan Local Area Network (LAN). Dan ketika internet muncul, maka sebagian besar LAN yang semula berdiri sendiri mulai dihubungkan sehingga membentuk jaringan global yang disebut Wide Area Network (WAN)
            Jaringan komputer (computer network) merupakan interkoneksi sejumlah komputer dan peralatan (peripheral) lainnya yang dihubungkan dengan jalur transmisi dan alat komunikasi  membentuk satu sistem sehingga dapat saling bertukar data, informasi,atau menggunakan peralatan secara bersama (sharing) untuk melaksanakan tugas pengolahan data. Dalam melakukan Sharing memerlukan komputer sumber (Source) yaitu komputer yang memiliki sumber daya yang akan diakses dan komputer tujuan (destination) yaitu komputer tujuan yang akan mengakses sumber daya.
            Menghubungkan antar komputer dan peralatan lainnya mengunakan perangkat jaringan seperti Ethernet card, token ring, bridge, modem dan lain sebagainya. Jaringan komputer dihubungkan dengan media berupa (RG8, RG58, coaxial, UTP, STP maupun fiber optic) ataupun non kabel (microwave).
            Perangkat Keras pendukung proses transmisi data dalam suatu jaringan komputer antara lain adalah:
1.      Perangkat keras utama: input device, processing device, output device, mass storage.
2.      Perangkat keras komunikasi: modem, multiplexer, concentrator, communication processor.
Model komunikasi data dalam jaringan komputer meliputi terminal data sumber, encoder pengirim, kanal pengiriman, decoder penerima, serta terminal tujuan data.

VII.2.            Alasan Dan Keuntungan Jaringan Komputer

            Alasan perlunya komunikasi data dalam jaringan komputer adalah:
1.      Transaksi sering terjadi pada tempat berbeda dan jauh dari tempat pengolahan data, sehingga data harus dikirim ke tempat pengolahan data dan sebaliknya.
2.      Teknologi komunikasi komputer lebih efisien dan murah disbanding  cara pengiriman biasa.
3.      Organisasi yang mempunyai beberapa tempat pengolahan data dapat membagi tugas pengolahan data yang sibuk ke tempat pengolahan data yang kurang sibuk.
4.      Penghematan biaya perangkat keras, dimana perangkat keras yang mahal dapat digunakan bersama.
            Keuntungan penerapan teknologi jaringan komputer adalah:
1.      Resource sharing, yaitu dapat berbagi sumber daya.
2.      File sharing, yaitu pertukaran data atau file antar komputer
3.      Reliabilitas tinggi, dengan mengunakan jaringan komputer maka akan memiliki sumber-sumber alternatif.
4.      Menghemat biaya, di bandingkan dengan komputer super, PC mempunyai ukuran yang kecil, harga dan kinerja yang lebih baik.
5.      Kemudahan komunikasi, komunikasi antar komputer dalam suatu lingkungan kerja dapat dilakukan dengan mudah.
6.      Apabila salah satu unit komputer terhubung ke internet melalui modem atau LAN, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan juga dapat mengakses internet dengan metode sharing connection.
7.      Fasilitas mapping, mapping berfungsi untuk memetakan suatu direktori pada server (workstation) yang terhubung dalam jaringan sedemikian sehingga direktori tersebut dapat seolah-olah menjadi drive local.

VII.3.            Topologi Jaringan Komputer

                Jenis konfigurasi jaringan yang dapat diterapkan pada jaringan komunikasi data meliputi:
1.      Bus
Menggunakan perangkat Ethernet berupa kabel yang berfungsi sebagai media untuk transmisi data. Dalam topologi bus, jaringan hanya terhubung dengan satu saluran.
Keuntungan topologi bus adalah :
1)      Hemat kabel jaringan.
2)      Letak kabel yang sederhana.
3)      Mudah dikembangkan
            Kerugian topologi bus adalah :
1)      Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
2)      Kepadatan lalu lintas tinggi.
3)      Peka terhadap kerusakan, yaitu jika salah satu kabel rusak maka jaringan tidak dapat berfungsi.
4)      Diperlukan repeater untuk jaringan jarak jauh.
2.      Cincin (Ring)
Komputer dihubungkan dengan komputer lain membentuk lingkaran tertutup seolah-olah seperti cincin. Setiap komputer mendapat giliran untuk menggunakan jaringan dengan mengirimkan token.Keuntungan topologi cincin adalah hemat kabel jaringan. Sedangkan kerugiannya adalah:
1)      Peka terhadap kerusakan yaitu apabila salah satu kabel rusak maka jaringan tidak dapat berfungsi.
2)      Kaku terhadap pengembangan/perluasan jaringan.
3.      Bintang (Star)
Jaringan ini mempunyai cakupan yang luas dan fleksibel dibandingkan dengan dua jaringan sebelumnya. Dalam topologi bintang setiap komputer pada jaringan akan berkomunikasi melalui node pusat atau concentrator/hub terlebih dahulu sebelum menuju server.Kelebihan topologi bintang ini adalah apabila terjadi kerusakan pada salah satu kabel jaringan maka hanya berdampak pada komputer yang bersangkutan saja. Dengan demikian, aktivitas jaringan tidak terganggu secara total.
Keuntungan topologi star adalah:
1.      Fleksibel terhadap pengembangan/perluasan jaringan
2.      Pemasangan /perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian lainnya.
3.      Kontrol terpusat.
4.      Kemudahan deteksi dan isolasi terhadap kesalahan/kerusakan
5.      Kemudahan pengelolaan jaringan
            Kerugiannya adalah:
1)      Memerlukan kabel yang panjang
2)      Perlu pengannan khusus
3)      Kontrol terpusat (HUB) menjadi elemen kritis
4.      Pohon (Tree)
Dalam topologi pohon ini, komputer pusat dihubungkan ke beberapa komputer, dan masing-masing kompouter ini dihubungkan ke beberapa komputer lainnya.

VII.4.            Macam-Macam jaringan

            Berdasarkan luasnya jangkauan, jaringan komunikasi data dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu:
1.      Workgroup, yaitu jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dalam jumlah sedikit dalam sebuah ruangan.
2.      Local Area Network/LAN,  yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas
3.      jangkauannya meliputi suatu area local tertentu.
4.      Metropolitan Area Network/MAN, yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas jangkauannya meliputi area dalam satu kota.
5.      Wide Area Network/WAN, yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas jangkauannya meliputi antar kota atau antar Negara.

VII.5.            Model Jaringan

            Model jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua yaitu
1.      Model peer to peer
Peer-to-peer adalah jaringan komputer yang terdiri atas beberapa komputer (tidak lebih dari 10 komputer dilengkapi dengan 1 atau 2 printer). Model ini mengutamakan aspek penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Cara kerjanya yaitu setiap host memberikan layanan ke peer lain atau mengambil layanan dari peer lain. Windows for workgroup merupakan contoh jaringan yang menggunakan model ini.
2.      Model Client/Server
Model ini memisahkan secara jelas antara server dan client. Server memberikan layanan jaringan dan client menerima layanan. Beberapa komputer di-setup sebagai server yang memberikan segala sumberdaya (resource) yang tersedia dalam jaringan, misalnya printer, modem, saluran dan  lain-lain kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. Server dan client dapat berkomunikasi menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program pada server dan client program pada client.

VII.6.            Sistem Operasi Untuk Jaringan Komputer

                Beberapa sistem operasi yang dapat digunakan dalam sistem jaringan komputer, adalah:
1.      Microsoft Windows; Windows NT, Windows 2000
2.      Linux/Unix
3.      Novell Netware

VII.7.            Instalasi Jaringan Komputer

                Bentuk jaringan komputer yang paling sederhana adalah hubungan antara dua komputer. Unsur yang ada dalam jaringan ini ada 3 macam, yaitu:
1.      Node (komputer pengirim dan penerima)
2.      Link
3.      Protokol Engine
Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam jaringan atau menghasilkan output informasi, atau kedua-duanya, misalnya printer atau pencetak lainnya, PC, komputer mikro sampai mainframe, modem, multiplexer, dan lain-lain. Jika node  berupa komputer, maka komputer yang satu berfungsi sebagai penerima informasi (destination computer).
Link adalah chanel atau jalur transmisi yang menghubungkan dua komputer/node atau carrier untuk arus data/informasi di antara node.
Protokol Engine adalah bagian yang mengatur bagaimana dua node/koputer dapat saling berkomunikasi melalui link. Protocol Engine terdiri atas:
1.      Satu kartu penghubung jaringan (Network Interface Card)
2.      Perangkat lunak yang mengatur prosedur komunikasi.
Protocol Engine harus terpasang pada kedua komputer yang berkomunikasi.

VII.8.            Media Transmisi Dalam Jaringan Komputer

1.      Kabel Twisted Pair
Ini adalah kabel telepon biasa yang terdiri dari dua kabel kawat tembaga dan dapat menghubungkan komputer dengan jarak 4,8 km tanpa penguat sinyal dengan kecepatan 64 Kbps. Kabel twisted pais ada dua jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP), dan Unshielded Twisted Pair (UTP)
2.      Kabel Coaxial
Umumnya digunakan untuk LAN. Kabel ini dapat mengirim gambar dan suara. Kabel ini terdiri dari kabel inti yang terbuat dari kawat tembaga pejal, dan kabel pelindung. Lebar kabel ini 400 Mhz dan memiliki kecepatan 20 Mbps. Kabel Coaxial dibedakan menjadi 2, yaitu thin ethernet atau thinnet dan thick ethernet atau thicnet.
3.      Serat Optik/ Fiber Optic
Muncul pada akhir tahun 1970-an dapat menghubungkan komputer dengan jarak 800km tanpa bantuan penguat sinyal dengan kecepatan mencapai 500 Mbps.
4.      Microwave (Gelombang radio)
Saluran microwave hanya menghubungkan dua buah komputer saja, karena pancaran sinyal microwave membentuk garis lurus, maka komputer yang akan dihubungkan harus berada pada jalur gelombang itu.

VII.9.            Teknologi Jaringan LAN

                Teknologi dalam jaringan LAN meliputi:
1.      ARCnet : dengan kecepatan 2,5 Mbps dan rentang jaringan bisa mencapai 6100m, mengunakan Kabel coaxial serta mengunakan metode token passing. ARCnet dibagi menjadi 2 macam sesuai Network Interface Card yaitu:
1)      ARCnet low impedence
2)      ARCnet High impedence
2.      Ethernet : menggunakan kabel coaxial dengan rentang jaringan bisa mencapai 2500m dengan kecepatan maximum 10 Mbps. Ethernet dibagi menjadi dua menurut kabel yang digunakan, yaitu:
1)      Thin Ethernet
2)      Thick Ethernet
3.      IBM Token Ring : menggunakan topologi ring dan star, memiliki kecepatan mencapai 16 Mbps, sedangkan metode yang digunakan adalah token ring

VII.10.            Manajemen Pemakaian Dalam Jaringan LAN

A.    Pemakai (User)
Netware mengelompokkan user dalam 3 kelompok yaitu:
1)      Supervisor
2)      Manager
3)      Pemakai Biasa
B.     Group, pemakai LAN bisa dikelompokkan menjadi beberapa group, seperti group accounting, grup marketing dan lain-lain.
C.     Utility Syscon yaitu Utility Netware yang berhubungan erat dengan masalah pemakai atau group. Utility ini berfungsi mengontrol Accounting, Group, pemakai LAN, dan masalah keamanan. SYSCON melayani pemakai sesuai tingkatannya. Seluruh item yang ada pada utility ini bisa  dioperasikan oleh supervisor.
D.    Group information
Dalam Group information dan User Information, secara umum ada beberapa fungsi tombol yang bisa dipakai pada menu SYSCON, yaitu:
INS     : Menambah
Del      : Menghapus
F5        : Memilih
ESC     : Mundur ke menu sebelumnya
Group Information digunakan untuk mengelola grup, menetapkan manajer dan anggotanya, serta membatasi penggunaan directory bagi anggota grup itu.
E.     User Information
Jika item ini di pilih maka akan muncul daftar nama pemakai dalam kotak User Names. Setelah memilih user, maka akan ditampilkan sub menu user information yaitu: Account balance, Account restrictions, Change password, Full name, Group belong To, Intruder lockout status, Login Script, Manager Users and Group, Managers, Other information, Security Equivalences, Stations Restrictions, Trustee Directory Assignments, Trustee File Assignments, Volume Restrictions.

VII.11.            Adapter/Networking Interface Card

            Adapter atau network interface card adalah perangkat keras komputer berbentuk card electronic yang dapat dipasang atau telah terpasang onboard sebagai komponen tambahan di mainboard dan berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan kabel jaringan. Berdasrkan tipenya, NIC atau network card dibagi dalam dua jenis, yaitu ISA dan PCI.

VII.12.            Protocol/Protokol

            Protocol adalah suatu set aturan yang mengatur cara bagaimana suatu komputer bisa berkomunikasi satu sama lain. Protocol menyediakan layanan-layanan untuk proses komunikasi. Protocol mengatur tiga hal pokok, Yaitu:
1)      Data apa yang dikomunikasikan
2)      Kapan data dikomunikasikan
3)      Bagaimana data dikomunikasikan
Struktur penting dalam protocol adalah
1)      Struktur/Format data
Sematik, yaitu mengartikan setiap blok bit data yang dikirim. Protocol mungkin dapat memiliki struktur/format data yang sama tetapi memiliki semantik yang berbeda.
Waktu, yaitu kapan data dikirim dan seberapa cepat dapat dikirim dan seberapa cepat dapat dikirim
Setiap pabrik akan memproduksi peralatan jaringan dan menggunakan protocol yang dikembangkannya sendiri secara defacto, missal IBM, AT&T, Bell Labs, Digital Equipment Corp, Microsoft dan lain-lain.
1)      Protokol OSI/ISO
Protokol ISO (Open System Information) merupakan salah satu protocol standard yang didasarkan pada model yang diusulkan oleh ISO (International Standart Organization). Protocol OSI dibagi kedalam 7 lapis layanan (layer) jaringan yaitu:
                                                              i.      Physical Layer
Berfungsi dalam pengiriman raw bit ke channel komunikasi.
                                                            ii.      Data link layer
Berfungsi membagi data menjadi paket-paket dan menangani pengiriman data.
                                                          iii.      Network layer
Berfungsi mengendalikan operasi subnet menentukan bagaiman route pengiriman paket dari sumber tujuan.
                                                           iv.      Transport layer
Berfungsi untuk memahami media pengiriman yang dipakai, seperti multiplexing, arah dan kecepatan.
                                                             v.      Session Layer
Berfungsi untuk mempertahankan jalur yang dilalui oleh data, antarmuka antara user dan jaringan.
                                                           vi.      Presentation Layer
Berfungsi untuk mengatur data struktur, mengkonversi dari representation komputermenjadi standar jaringan yang sebaliknya, encoding data, memberikan penyelesaian umum kepada user, seperti encryption dan data compression.
                                                         vii.      Application layer
Berfungsi untuk memberikan fasilitas aplikasi jaringan untuk user, seperti; database jaringan, Word processing, dll.
2)      Protokol TCP/IP
Hampir sam adengan ISO layer,TCP/IP layer juga dibagi-bagi menjadi beberapa lapis kumpulan protocol Yang bertingkat. Lapisan dalam TCP/Ip dari bawah ke atas adalah sebagai berikut:
                                                              i.      Network interface layer/Physical Layer
Bertanggung jawad mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik
                                                            ii.      Internet layer/ Network layer
Protokol yang berad apada layer ini bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat.
                                                          iii.      Transport Layer
Berisi protocol yang bertanggungjawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/Komputer.
                                                           iv.      Application Layer
Pada layer ini terletak semua aplikasi yang menggunakan TCP/IP ini. Lapisan ini melayani permintaan pemakai untuk mengirim dan menerima data.
Secara sederhana , TCP/IP adalah sebuah protocol untuk mengalamati komputer-komputer dalam suatu jaringan dengan aturan nomor tertentu yang disebut nomor Net-ID dan nomor  Host-ID memakai aturan w.x.y.z. Net-ID adalah alamat jaringan dan Host-ID adalah alamat komputer dalam jaringan tersebut. TCP (Transmission Control Protokol) dipakai sebagai error checking dan handling (dengan cara retransmit). Sedangkkan IP (Internet Protokol) dipakai untuk routing informasi atau paket data ke alamat komputer host (tujuan), dimana alamat yang dituju adalah alamat Net-ID dan Host-ID komputer tujuan. Algoritma untuk membeerikan nomor IP-Address adalah sebagai berikut :
                                                              i.            Menentukan jumlah komputer yanga akan dilibatkan dalam network sehingga ketemu jenis kelas network.
                                                            ii.            Kelas network menentukan nilai W dalam IP-Address
                                                          iii.            Nilai W dalam IP-Address menentukan subnet mask untuk menandai Net-ID dan Host-ID

VII.13.            Setup Jaringan Workgroup

Untuk membangun jaringan komputer yang tersusun atas beberapa komputer, langkahbya adalah sebagai berikut:
1)      Pasang semua hardware jaringan; Adapter (NIC), Kabel, Hub ketika komputer-komputer tersebut dalam keadaan mati.
2)      Lakukan setup adapter NIC (missal dengan Windows 95/98) pada setiap komputer.
3)      Lakukan setup protocol dengan memilih protocol TCP/IP berikut pemberian IP Address dan Subnet Mask nya ditiap komputer dengan mengikuti aturanpemberian IP Address.
4)      Lakukan setup services, misalkanya file and printer sharing for Microsoft network.
5)      Menguji instalasi NIC komputer local dengan utilitas ping Ip Address komputer local
6)      Menguji koneksi ke komputer lain dengan utilitas Ping Ke IP Address komputer lain dalam satu jaringan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP


            Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan oleh karena itu perlu mendalami ilmu teknologi informasi ini untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi diberbagai aspek kehidupan.
            Pada pembahasan kita sebelumnya telah disajikan berbagai kelebihan dan kekurangan dari teknologi informasi itu sendiri dengan itu kita perlu menggunakan kelebihan dari teknologi informasi dan menyempurnakan kekurangan dari teknologi informasi itu dengan melakukan analisa-analisa baru untuk menciptakan teknologi informasi yang semakin sempurna.
            Mahasiswa dituntut untuk membuahkan pemikiran-pemikiran baru agar tidak hanya sebagai pemakai saja tetapi menjadi pemberi solusi untuk teknologi informasi yang terbarukan. Untuk membuahkan teknologi informasi yang terbarukan mahasiswa dituntut untuk belajar menganalisa berbagai masalah dan menciptakan pemecah masalah baru, karena teknologi akan selalu berkembang ke berbagai aspek kehidupan manusia.
            Pada zaman teknologi canggih ini teknologi informasi tidak hanya dipakai untuk pekerjaan seperti pengolahan data tetapi sudah menjadi keperluan utama di dalam mencari informasi-informasi mengenai ilmu pengetahuan bahkan sekarang telah menjadi media hiburan juga, karena melalui teknologi informasi kita dapat mengakses berita dengan cepat tanpa menunggu headline news dilayar televis anda, dan juga teknologi informsi memudahkan kita berbagi pengetahuan dengan orang lain di berbagai belahan dunia dengan cepat.
            Mungkin makalah ini tidak dapat meyajikan semua dasar dari teknologi informasi, tetapi makalah ini setidaknya dapat membuka pemikiran kita bahwa orang yang selalu menggunakan teknologi informasi akan menjadi orang yang terdepan di dalam pengolahan teknologi dan informasi.


 



http://adf.ly/?id=2335414

2 Komentar:

Pada 30 Juli 2013 pukul 01.59 , Blogger Tukang Seblak mengatakan...

ga ada referensi nya ya ??

 
Pada 7 Februari 2015 pukul 22.27 , Blogger Bundet mengatakan...

mantaps gans,
bagi pembaca yang sekiranya membutuhkan referensi lain silakan berkunjung dimari gan, disini ane lengkapi dengan profil pengarangnya seperti para profesor dari Universitas Credible di luar negeri, langsung saja ke TKP >>

Pranala--> PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI / TEKNIK INFORMATIKA

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda